Jalan Desa Panca Arga Kabupaten Asahan, Layaknya Jalanan Kubangan Kerbau

Jalan Desa Panca Arga Kabupaten Asahan, Layaknya Jalanan Kubangan Kerbau
Jalan Desa Panca Arga Kabupaten Asahan, Layaknya Jalanan Kubangan Kerbau • red

CendanaNetNews, Asahan- LAYAK kubangan Kerbau Jalan Desa Panca Arga, Kec. Rawang Panca Arga, Kab. Asahan, Sum. Utara.

Anehnya, Jalan itu sudah menahun masih belum di aspal, hingga musim dikuyur hujan, jalan itu digelumangi lumpur tanah kuning (liat) sehingga para anak didik pergi pulang sekolah harus melintas jalan disana, tak ada jalan lain untuk ditempuh bagi masyarakat. Karena mau tidak mau terpaksa dilalui jalan kubangan kerbau itu.

Oleh sebab warga yang beraktivitas harus melewati jalan tersebut. Akibat kondisi jalan yang memprihatinkan itu merupakan kejadian yang berulang selama puluhan tahun yang di derita masyarakat.

Tanggapan warga, Erwin Sinulingga, mengatakan, pihaknya sangat prihatin sekali melihat anak-anak didik yang hendak pergi ke sekolah harus melintas jalan berlumpur layaknya kubangan kerbau. Hal seperti ini yang kami alami sudah bertahun- tahun disini hingga sangat menderita.

"Tapi apa yang hendak kami kesalkan, karena pihak aparatur negara yang berkopeten untuk saja sudah tahu, tapi tak ambil peduli, apa artinya kami," ujarnya.

Kondisi seperti hal ini sungguh terparah tampak di jalan penghubung antara dusun VII dan Viii. Mirisnya lagi, ungkap Erwin, setiap kali musim penghujan penjualan hasil pertanian milik warga
desa menurun dratis. Sebab, penampung tak
berkenan menjemput hasil pertanian mereka akibat jalan yang hancur dan berlumpur tersebut.

"Akibat kejadian itu, perekonomian masyarakat desa menurun sebab hasil pertanian terpaksa dijual murah. Murid- murid yang bersekolah menjadi repot. Pergi dan pulang mereka harus menenteng sepatu.. Tak jarang baju mereka juga kecipratan lumpur, sambung Erwin.

"Pemerintah Pemkab Asahan telah berlaku tidak adil pada mereka. Padahal secara awam saja dia bisa menghitung bahwa perbaikan jalan desa tersebut tidak membutuhkan dana besar," tegasnya.

Kadis Kominfo Pemkab Asahan saat dipertanyakan awak media melalui layanan WhatsApp, Kamis, 17 Nov lalu, menjelaskan,

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan akan tetap prioritaskan seluruh jalan di Kabupaten segera dibangun dan di aspal secara keseluruhannya.

"Pemkab Asahan senantiasa akan melakukan peningkatan dengan perawatan jalan-jalan
di Kab Asahan secara bertahap, " ungkap juru bicara Pemkab Asahan.

Dari pantauan di lokasi kenderaan roda dua sulit menempuhJalan berlumpur melalui desa tersebut. Secara geografis, jalan itu merupakan akses utama oleh, warga tiga dusun menuju sekolah dan areal persawahan.(shaf/sh.s/dt.ma-red)

Iklan Center 970x90