Bilangan Ratusan Kilogram Narkoba Hasil Ungkapan Dit Narkoba Polda Sumut Dimusnahkan di Mapoldasu

Bilangan Ratusan Kilogram Narkoba Hasil Ungkapan Dit Narkoba Polda Sumut Dimusnahkan di Mapoldasu
Bilangan Ratusan Kilogram Narkoba Hasil Ungkapan Dit Narkoba Polda Sumut Dimusnahkan di Mapoldasu • red

CendanaNetNews, Polda Sumut- Ditmarkobs Polda Sumut, dalam hasil penangkapan barang bukti (barbut), dari berbagai pengungkapan narkotika, dimusnahkan di Mapolda Sumut, Selasa, 19/4 kemarin.

Dalam Pemusnahan barbut dengan mesin
incinerator yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sumut, irjen Pol Drs Panca Putra Simanjuntak, serta hadir Gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi, dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin dan sejumlah Pejabat Forkopimda Sum. Utara lainnya. Bilangan ratusan kilogram barbut narkoba itu, menurut.

Panca, dari hasil pengungkapan yang dilakukan Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumut, serta Sat Reskrim Polrestabes Medan, periode waktu tanggal 4 Maret hingga 10 April 2022 lalu.

"Para pelaku tindak pidana narkoba ini merupakan sindikat jaringan Malaysia - Indonesia yang sudah menjadi target Polda Sumut, khusus Aceh, Tanjungbalai, dan Medan," ungkap Panca kepada awak Media.

Sambungnya, barbut ratusan narkoba tersebut terdiri dari, sabu seberat 233.723,48 gram, ganja seberat 31,34 gram, dan ekstasi sebanyak 6.384 butir dengan jumlah 21 kasus. Selain jumlah tersangka sebanyak 33 orang, terdiri dari 32 orang laki-laki dan satu perempuan.

Modus operandi yang dipergunakan, Panca menerangkan, oleh sindikat narkoba itu terdiri dari berbagai macam, mulai dari menjemput narkotika di tengah laut, untuk kemudian dibawa ke Tanjungbalai, dari sana sudah siap mobil
membawa barang haram yang dilengkapi dengan tim pemantau.

Panca mengatakan, para tersangka akan terjerat pasal 114 Ayat (2), Subs pasal 112 ayat (2) dan pasal 111 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor, 35 tahun 2009,tentang Narkotika. dengan ancaman hukum pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau paling singkat penjara 5 tahun dan paling lama 20 tahun dan pidana denda paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar.

Panca dikesempatan itu menuturkan, melalui pengungkapan yang dilakukan secara estimasi untuk sabu seberat 233.723,48 gram, dapat menyelamatkan anak bangsa sebanyak 934.896 orang dengan asumsi satu gram untuk 4 orang pemakai.

Selain untuk ganja seberat 31,34 gram dapat menyelamatkan anak bangsa sebanyak 128 orang, dengan asumsi satu gram untuk 4 orang pengguna dan ekstasi sebanyak 6.384 butir dapat menyelamatkan anak bangsa sebanyak 6.384 orang dengan asumsi satu butir untuk satu pengguna.

"Melalui pengungkapan ini, maka sekitar 941,408 orang masyarakat dapat selamatkan dari penyalahgunaanpenyalahgunaan " katanya.( shaf/zie-red)

Iklan Center 970x90

Berita Terkait